Home > Netbook, Review > Lenovo S10-2

Lenovo S10-2

Akhir Juli 2009 lalu Lenovo melakukan update terhadap jajaran produk netbook mereka. Lenovo Ideapad S10, netbook pertama Lenovo dengan layar 10 inci telah mendapatkan sejumlah pembaruan fitur. Adapun kini versi kedua dari IdeaPad S10 diberi nama S10-2.

Sesuai kodenya, IdeaPad S10-2 merupakan produk dari jajaran IdeaPad S series. IdeaPad sendiri terdiri dari tiga lini produk yakni S, U, dan Y series.

Seri S merupakan komputer jinjing berukuran paling kecil milik Lenovo. Dengan mengandalkan bobot yang ringan dan ukuran yang ringkas, produk ini ditujukan bagi pengguna netbook atau mini laptop dengan budget terbatas. Pengguna yang hanya membutuhkan komputer untuk komputasi dasar seperti internet, email, video messaging, dan aplikasi kerja sederhana juga merupakan target market dari seri S.

IdeaPad seri U, merupakan produk ultraportabel yang terjangkau. Dengan ukuran yang tipis dan bobot yang ringan, notebook ini mengombinasikan ukuran dan performa. Adapun IdeaPad seri Y merupakan laptop yang ditujukan dilengkapi layar lebar untuk memenuhi kebutuhan multimedia dan gaming bagi penggunanya.

Desain dan Spesifikasi
Dibanding dengan pendahulunya yakni IdeaPad S10, Lenovo mengadakan sejumlah perubahan pada desain dan kelengkapan produknya. Kalau S10 hadir dengan casing yang lebih kaku, S10-2 memiliki desain yang lebih bulat di sudut-sudutnya. Casing S10-2 juga memiliki corak dan pilihan warna yang lebih menarik dibandingkan dengan IdeaPad S10 yang tampil dengan balutan warna polos.

Dari sisi spesifikasi, S10-2 memang memiliki layar yang sedikit lebih kecil dibanding S10. Jika S10 menggunakan layar 10,2 inci, S10-2 layarnya berukuran diagonal 10,1 inci. Meski begitu, dari sisi resolusi, tidak ada yang berubah. Keduanya mendukung 1024×600 piksel.

Pada netbook, prosesor Intel Atom N280 berkecepatan 1,66GHz, harddisk 160GB dan memori DDR2 1GB digunakan. Tetapi, dibanding sebelumnya, Lenovo telah mempermudah pengguna yang ingin melakukan upgrade. Panel penutup pada bagian bawah netbook dapat dilepas secara terpisah. Jika pengguna perlu mengupgrade memori misalnya, ia tidak perlu melepas seluruh penutup panel. Demikian pula jika pengguna ingin memasang kartu PCI tambahan atau menukar harddisk. (Sumber:teknologi.vivanews.com)

Spesifikasi

Intel Atom N280 1.66Ghz, Intel 945GSE, 1GB DDR2 (1 Slot SODIMM), 160GB, Wifi, Bluetooth, Card Reader, No Optical Drive, No Modem, Camera, Intel GMA 950, 10.2″ WSVGA, Win XP Home

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: